Rendang Telur Masakan Khas Minangkabau

Rendang merupakan jenis olahan masakanRendang Telur Masakan Khas Minangkabau khas minangkabau yang sangat populer, bukan hanya di nusantara saja tapi bahkan sudah mendunia karna rasanya yang sangat enak dan tahan lama walaupun tidak ditambah dengan bahan pengawet. Rendang dapat kita temukan di Rumah Makan Padang diseluruh dunia. Masakan ini populer dikalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum. Masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan TerlezatDunia) yang digelar oleh CNN International.

Rendang yang biasa kita kenal adalah rendang daging yaitu dengan bahan daging sapi atau kerbau. Rendang daging yang kaya bumbu ini memang sangat lezat, dan memiliki rasa yang gurih dan empuk. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga beminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu lebih singkat dan santannya belum mengering disebut “kalio” berwarna coklat terang keemasan.

Selain rendang daging, masyarakat minangkabau juga memiliki olahan rendang lain, yaitu rendang telur. Tapi tahukah anda wujudnya seperti apa ? Anda yang bukan merupakan masyarakat minang asli, atau sudah besar di perantauan pasti salah menebak bentuk dari rendang telur ini. Rendang telur tidak seperti rendang daging, jika daging dibuat rendang maka hasilnya akan tetap seperti daging. Tapi jika telur yang direndang tentu anda penasaran bentuknya. Banyak orang yang menyangka rendang telur ini berbentuk sperti telur, tapi itu sangatlah salah besar, karena bentuk rendang telur yang sebenarnya adalah seperti keripik cemilan yang lezat, gurih dan renyah yang disertai dengan bumbu-bumbu rendang kering.

Jika anda pergi ke Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh maka anda akan menemukan banyak orang yang menjual oleh-oleh khas minangkabau seperti rendang telur, sanjai, pinyaram, galamai, berbagai macam keripik dan masih banyak lagi oleh-oleh khas minangkabau yang perlu anda cicipi. Banyak artikel yang tersebar di dunia maya dengan menyalah artikan bentuk dari rendang telur ini. Bahkan kebanyakan penulisnya salah dalam menuliskan resep dan menggambarkan wujud dari rendang telur itu sendiri. Rendang yang berbentuk telur bulat utuh itu sebenarnya adalah gulai telur biasa yanag dimasak dengan bumbu rendang, bukan rendang telur kering yang dimaksud oleh masyarakat minang asli.

 

Berikut ini adalah Resep Rendang Telur Kering :

Bahan Rendang Telur Kering:

  • 150 gram tepung terigu
  • 10 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • daun salam
  • batang serai, ditumbuk
  • 5 lembar daun jeruk
  • 500 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 300 ml air

Bumbu Halus Rendang Telur Kering:

  • 1 cm kunyit
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawah putih
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm merica
  • 1 sdm ketumbar

Cara Membuat Rendang Telur Kering:

  1. Campurkan telur, terigu, garam dan air, silahkan diaduk hingga rata.
  2. Kemudian buatlah dadar dari adonan telur itu.
  3. Potong-potong dadar telur tersebut berbentuk jajaran genjang atau persegi.
  4. Panaskan makan minyak goreng, kemudian tumis serai, daun jeruk, daun salam dan bumbu halus, hingga harum.
  5. Tuangi santan ke dalam tumisan tadi dan aduk.
  6. Kemudian masukkan cabai merah, kunyit, jahe dan lengkuas.
  7. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai berbentuk seperti gulai yang sudah agak mengental.
  8. Lalu tambahkan minyak goren secukupnya.
  9. Masukkan adonan dadar telur yang telah dimasak dan dipotong-potong tadi.
  10. Masak dengan api kecil sambil di aduk-aduk hingga kering dan bumbu menjadi mengering.
  11. Setelah rendang telur mongering tiriskan, kemudian aduk hingga merata agar bumbu nya tidak bergumpal. Angkat, dinginkan, dan siap disajikan.

Demikian lah cara membuat rendang telur yang lezat, gurih dan renyah. Senang bisa berbagi ilmu dan bangga sebagai anak minang asli. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : http://www.saribundo.biz/resep-rendang-telur-kering.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment